Cara Merawat Parcel Keramik yang Isinya Peralatan Makan dan Hiasan

Tips tips yang berkaitan tentang parcel lebaran
January 17, 2017
parcel untuk orang sakit
Tips Seputar Parcel yang cocok dibawa untuk orang sakit
January 19, 2017
Show all

Cara Merawat Parcel Keramik yang Isinya Peralatan Makan dan Hiasan

Bahan keramik atau porselen yaitu bahan yang sejak dahulu diketahui paling bagus dan awet untuk peralatan makan. Bahan keramik juga bisa menahan panas, permukaannya licin dan mudah ditata serta diberi warna. Karena itu pula sampai sekarang banyak orang yang tetap menyukainya sebagai peralatan makan. Saat ini juga sudah banyak peralatan makan dengan warna-warni dan desain yang indah.

parcel keramik

Parcel keramik yang isinya peralatan makan keramik memang menarik karna bentuk dan warna-warninya sangat beragam. Selain warna dan modelnya yang bermacam – macam, peralatan makan berbahan dasar keramik juga banyak yang hanya dijadikan koleksi oleh beberapa orang. Seringkali kita mendapati retakan atau goresan pada piring dan cangkir, juga noda kecokelatan pada gelas yang mengurangi keindahannya. Apalagi, bahan keramik itu lebih rapuh, gampang retak, gampang pecah kapan saja sehingga membuat kita harus ekstra hati-hati dalam membersihkannya. Supaya peralatan makan ini tetap awet dan cerah warnaya saat dipakai, maka perlu dirawat dengan baik.

6 Tips Merawat Parcel Keramik dengan Tepat

Nah, berikut ini saya punya tips yang bisa menolong anda dalam merawat peralatan makan keramik anda. Silahkan, disimak!
1. Cuci langsung peralatan makan setelah digunakan
Supaya awet dan tahan lama, peralatan makan berbahan dasar keramik yang telah digunakan, sebaiknya langsung dicuci dengan air hangat dan sabun. Jangan biarkan kotoran menumpuk pada peralatan makan keramik anda. Terutama pada cangkir, noda teh atau kopi pada cangkir dapat menempel dan membuat warna cangkirnya menjadi tak cantik lagi. Tapi perlu diingat juga hindari penggunaan air yang terlalu panas, baik untuk mencuci ataupun untuk membilas. Air yang terlalu panas dapat merusak lapisan keramik. Masukkan setiap benda secara perlahan sambil memberinya kesempatan untuk beradaptasi dengan suhu air. Pinggiran logam pada peralatan makan keramik mudah rusak atau terkelupas bila terkena panas.

2. Jangan Biarkan Kotoran Menumpuk
Cangkir yang digunakan untuk minum teh atau kopi biasanya akan memunculkan bekas minuman di dasarnya. Langsung saja buang kantong teh atau bubuk kopi yang mengendap di dasar cangkir. Kalau didiamkan terlalu lama, warna kopi dan teh akan menempel pada permukaan keramik dan meninggalkan bekas noda yang susah hilang sehingga akan mengurangi kecantikan keramik Anda.

3. Gunakan soda kue atau air campuran cuka dan garam
Bila sudah telanjur ada noda bandel yang menempel, anda bisa membersihkannya yaitu dengan cara menaburkan bubuk soda kue pada spons cuci piring, lalu gosokkan secara perlahan hingga noda benar-benar hilang. Jika tetap tidak bisa, anda bisa mencoba merendam perlatan makan anda dengan menggunakan air campuran cuka dan garam selama setengah jam. Setelah itu, gosok peralatan makan tersebut dengan spons dan air sabun secara perlahan sampai nodanya benar-benar hilang.

4. Keringkan peralatan makan anda setelah dicuci
Sebaiknya, peralatan makan yang sudah dicuci langsung dikeringkan dengan lap bersih. Kalau anda mengeringkannya dengan cara meniriskan sampai airnya hilang sendiri, ada kemungkinan air malahan bisa meninggalkan noda di keramik. Apalagi kalau air di rumah anda cenderung berwarna kuning atau tidak bening.

5. Jangan menumpuk peralatan makan
Menumpuk peralatan makan berbahan dasar keramik hanya akan memunculkan retakan-retakan halus pada permukaannya, bahkan bias saja pecah. Kalau sudah seperti itu, selain mengurangi keindahannya, peralatan makan keramik anda bisa berbahaya untuk dipakai, karena bisa menyebabkan luka.
Sebaiknya anda menaruh peralatan makan keramik dengan cara menyusunnya di rak. selain untuk menghindari terjadinya pergesekan yang menyebabkan retak, juga anda akan lebih mudah mengambilnya saat diperlukan. Kalaupun harus menumpuknya di lemari, usahakan untuk mengalasi setiap permukaan perabot dengan kertas tebal, untuk menghindari pergesekan yang mungkin terjadi.

6. Simpan peralatan keramik sesuai dengan warna, ukuran, dan jenisnya
Bagi anda yang hobi mengoleksi peralatan makan keramik, ada baiknya menaruh peralatan tersebut sesuai dengan warna, ukuran, dan jenisnya. Contohnya untuk cangkir, harus disimpan sesama cangkir, mangkok bersama mangkok, piring bersama piring. Lalu golongkan lagi sesuai warna dan bentuknya. Selain bisa membuat peralatan keramik tersebut lebih awet dan gampang dicari, juga akan membuat rak peralatan anda lebih rapi dan indah saat dipandang.

Nah, rupanya gampang bukan cara merawat parcel keramik dengan bentuk peralatan parcel makan berbahan dasar keramik?. Kalau tahu cara memperlakukannya dengan baik dan benar, dijamin deh peralatan keramik anda akan lebih awet dan cantik walaupun sudah berusia lama. Sebagai tambahan saya juga akan membagikan tips memilih keramik yang bagus.

Keramik yang bagus biasanya ringan, permukaannya licin dan menggunakan bahan pewarna yang aman untuk makanan. Sedangkan yang kualitasnya kurang baik biasanya lebih berat dan warnanya juga tak bisa putih bersih dan menggunakan pewarna mencolok dan kurang jelas tentang bahan pewarna ini. Saat membeli, periksalah bahan keramik ini dengan cara mengangkat kermik tersebut, keramik yang bagus akan terasa ringan dan halus sebaliknya yang kurang bagus lebih berat dan agak kasar. Lihat juga nama produsen yang tercetak di bagian bawah peralatan makan tersebut. Kalau tidak tertera nama produsen sebaiknya jangan membeli barang tersebut karena kwalitas bahan tidak bisa dipertanggung jawabkan.

Kalau ada bagian pada peralatan yang retak, sebaiknya diteliti dengan benar, bagian mana yang retak dan berapa besar retaknya. Kalau bagian pinggir yang retak, peralatan tersebut masih bisa digunakan. Tapi kalau bagian dasarnya yang retak sebaiknya tidak usah digunakan kembali, Karena celah – celah di bekas retakan akan gampang dimasuki kotoran. Selain peralatan makan, bagi yang punya keramik hiasan rumah, juga akan saya berikan tips cara membersihkannya.

Beberapa benda berbahan keramik atau porselen dibuat murni hanya sebagai hiasan, seperti patung-patung kecil, guci atau vas bunga. Benda-benda ini akan mudah menjadi kotor dan berdebu, terutama pada bagian yang rumit. Berikut ini cara yang aman untuk membersihkan dan merawatnya:

Singkirkan debu pada permukaan perabotan keramik dengan menggunakan kain kering. Kain mikrofiber adalah pilihan yang paling tepat, karena kemampuannya dalam menarik partikel-partikel debu tanpa melepaskannya kembali ke bagian yang lain.

Pakai sikat dengan bulu yang halus untuk menjangkau debu di celah-celah yang sempit.
Cuci satu per satu perangkat keramik di dalam air hangat yang sudah dicampur dengan produk pembersih porselen yang sesuai atau sabun cuci piring cair yang lembut. Pilihlah ember yang berbahan plastik atau karet sebagai bak cuci. Selain itu, alasi wastafel Anda dengan keset karet kamar mandi supaya perabotan keramik yang dicuci tak terbentur dinding dan dasar wastafel yang keras.

Bilas di bawah aliran air hangat, kemudian lap menggunakan kain bersih, lalu tiriskan di atas serbet dapur bersih atau tisu dapur pada permukaan yang rata. Sekian dari saya yang bisa saya berikan, semoga membantu anda sekalian, terima kasih !  Anda ingin membeli parcel keramik cantik yang unik, silahkan lihat katalog toko parcel online di pusatparcel.com