Tips Membeli Oleh-Oleh Untuk Mudik Lebaran

image173
Cara Membuat Mahar Pernikahan Dengan Uang Kertas
March 22, 2017
Contoh-49-Desain-Kartu-Ucapan-Terima-Kasih-36
Cara Membuat Kartu Ucapan Lebaran Sendiri Di Rumah
March 29, 2017
Show all

Tips Membeli Oleh-Oleh Untuk Mudik Lebaran

colorful-shopping-bags

Saat mudik atau pulang kampung, rasanya tidak lengkap tanpa membawa oleh-oleh atau buah tangan. Sekalipun kehadiran Anda dan keluarga lebih utama, tetapi dengan adanya oleh-oleh yang Anda bawa untuk keluarga besar saat berkumpul bisa menjadi buah tangan yang manis dan tanda bahwa Anda tidak pelit untuk berbagi kebahagiaan dengan keluarga besar yang mungkin hanya bisa anda kunjungi satu tahun sekali. Untuk lebaran kali ini, kira-kira sebaiknya bawa oleh-oleh apa ya?

Nah, untuk anda yang mau mudik simak tips membeli oleh-oleh lebaran berikut ini :

  1. Untuk siapa. “Sasaran” oleh-oleh lebaran yang akan di bawa pastikan sudah jelas. Sehingga oleh-oleh yang anda beli dan bawa tidak berlebih. Bukannya apa-apa, jika anda naik kendaraan umum bukan soal mudah membawa barang banyak di saat mudik seperti ini. Kalau anda naik pesawat pun, kelebihan barang bawaan akan menyebabkan anda kena charge tambahan. Apalagi jika anda pemudik yang mengendarai sepeda motor. Barang bawaan yang terlalu berlebih bisa membahayakan keselamatan anda.
  1. Berapa budget yang anda siapkan untuk membeli oleh-oleh lebaran. Dengan memiliki budget yang jelas, anda bisa menggunakan dana yang ada dengan sebaik-baiknya.
  1. Yang bisa dipaketkan. Jika anda merasa terlalu repot untuk membawanya sendiri, anda bisa cari penjual yang bisa sekaligus memaketkan barang tersebut. Jadi anda tak perlu repot untuk bawa sendiri oleh-oleh tersebut.
  1. Apa oleh-olehnya. Nah, ini yang akan dibahas lebih lanjut di bawah. Biasanya jenis oleh-oleh terkait dengan siapa yang akan diberi oleh-oleh.

Pada umumnya, oleh-oleh lebaran dibagi seperti  berikut :

  • Makanan khas, Bagi Anda yang ada di rantau, membawa oleh-oleh makanan khas ke tempat mudik biasanya yang paling sering menjadi pilihan. Sebab itu, tak perlu heran jika menjelang Hari Raya Idul Fitri ini para pebisnis makanan khas lagi sibuk-sibuknya menggenjot kapasitas produksi; dan bagi penjual kuliner khas pun sedang repot menambah stok produk.Untuk jenis makanan khas banyak sekali ragamnya. Pilih makanan yang akan anda jadikan oleh-oleh ini tidak cepat basi. Tanyakan ke penjual jika anda kurang yakin sampai berapa lama makanan tersebut bisa bertahan.
  • Pakaian, Pakaian, kaos, celana dan sejenisnya cukup sering dijadikan oleh-oleh lebaran. Terutama untuk kaos yang bertuliskan daerah tempat anda rantau. Selain harganya yang terjangkau, oleh-oleh jenis ini juga dapat “tahan lama”.
  • Benda-benda kecil, Benda-benda yang bentuknya kecil bisa juga dijadikan oleh-oleh. Bentuknya yang kecil juga akan mempermudah untuk dibawa. Contohnya seperti gantungan kunci atau pajangan tertentu.
  • Benda lainnya, seperti sandal, sepatu, topi, atau jam tangan. Yang penting, inti membawa oleh-oleh adalah untuk mempererat tali silaturahmi dan kekeluargaan.