51
5 Kue Kering Ini Hits Saat Lebaran Lho!!!
June 5, 2017
2
Wow, 5 Buah Ini Ada Di Surga dan Di Dunia Lhooo!
June 11, 2017
Show all

Tips Atasi Maag Saat Puasa

PicsArt_06-07-02.00.52

Terkadang seseorang memiliki kendala tersendiri saat menjalani puasa. Entah kendala karena sedang ada halangan, sudah tua, sedang hamil, atau sakit. Namun bagaimana cara mengatasinya apabila memiliki penyakit maag? Bisakah kita tetap ikut berpuasa? Ya tentu saja kita bisa ikut berpuasa. Malah yang memiliki penyakit maag lebih disarankan untuk berpuasa.

Ada 2 macam jenis penyakit maag. Yang pertama maag fungsional, yaitu maag yang timbul karena kesalahan pola makan, stress, dan masalah beban pikiran. Terdapat gejala-gejala seperti perut terasa perih, mual, dan kembung. Bagi penderita maag fungsional, kalian masih bisa menjalankan puasa. Yang kedua maag organik, yaitu maag yang disebabkan karena tingginya asam lambung dan menimbulkan luka lecet pada kerongkongan, lambung, usus, dan lain-lain. Gejala yang dialami penderita maag organik ini lebih parah daripada maag fungsional, yaitu berat badan turun, muntah darah dan anemia. Bagi penderitanya, kalian tidak diperbolehkan untuk berpuasa sebelum maag kalian sembuh. Jika kalian memaksakan untuk berpuasa makan maag akan bertambah parah.

Di bulan Ramadhan ini, seluruh umat Islam diwajibakan untuk berpuasa. Nmaun bagaimana jika memeiliki penyakit maag? Bagaimana agar maag tidak kambuh saat sedang berpuasa? Lakukan tips di bawah ini agar maag tidak kambuh saat sedang berpuasa.

Tips atasi maag saat jalani puasa Ramadhan.

  1. Selalu makan sahur

Jangan lupa untuk selalu makan sahur. Sahur akan memberi nutrisi dari waktu imsak sampai waktu berbuka. Konsumsi makanan bergizi dan buah-buahan. Sebelum puasa dimulai, minumlah obat maag terlebih dahulu. Hindari pula meminum minuman yang mengandung kafein seperti susu dan kopi. Dan jangan lupa, perbanyak minum air putih.

  1. Segerakan untuk berbuka saat tiba waktunya

Jangan biasakan menunda-nunda waktu berbuka. Hal itu dapat memicu maag kambuh. Saat berbuka, konsumsilah makanan yang berserat. Hindarilah makan berlebih tapi makanlah secukupnya untuk mengisi kekosongan perut. Seperti sunah Rasulullah SAW, makanlah kurma saat sahur dan berbuka. Sama seperti tips saat sahur, konsumsi makanan bergizi, minum obat, serta perbanyak air putih. Ini mungkin yang paling sullit untuk dihindari, yaitu hindari makan gorengan dan es.

  1. Hindari makanan yang memicu maag

Perhatikan pola makan. Jangan konsumsi makanan yang dapat memicu maag kambuh. Kalian harus menghindari makanan berlemak, karena dapat menyebabkan peradangan pada lambung. Hindari pula makanan pedas. Makanan pedas sangat-sangatlah penting untuk dihindari karena makanan pedas akan memperburuk gejala maag.

Itulah tips atasi maag saat berpuasa. Perhatikan yaaa, hindari yang tidak diperbolehkan untuk dikonsumsi. Dan jangan lupa untuk minum obat maag secara teratur agar maag cepat sembuh. Semoga kalian dapat menjalankan puasa dengan lancar dan maag yang kalian alami dapat segera sembuh. Aamiin. 🙂