Persiapkan Ramadhan dengan Cara Ini

Bisnis Plan
5 Peluang Bisnis Saat Bulan Ramadhan
March 17, 2017
image173
Cara Membuat Mahar Pernikahan Dengan Uang Kertas
March 22, 2017
Show all

Persiapkan Ramadhan dengan Cara Ini

664xauto-tips-buka-puasa-seru-bersama-keluarga-150708b

Tidak lama lagi, umat islam di seluruh dunia akan bersiap-siap menyambut datangnya bulan Ramdhan yang penuh berkah. Betapa tidak, di bulan Ramadhan Allah swt akan melipat gandakan setiap kebaikan yang dilakukan oleh umat islam. Amalan Sunnah yang dikerjakan pada bulan Ramadhan akan mendapatkan pahala yang sama seperti amalan wajib yang dilakukan pada hari-hari biasa. Begitupun dengan amalan wajib Allah akan memeberi pahala berlipat-lipat ganda.

Berbagai persiapan pun dilakukan untuk menyambut bulan suci Ramadhan, baik persiapan jasmaniah maupun rohaniah. Namun tidak kalah pentingnya adalah berdoa kepada Allah swt. Meminta ampunan atas segala dosa dan kesalahan yang sudah di perbuat selama ini.

Bagi ibu-ibu rumah tangga sendiri datangnya bulan Ramdhan ini menjadi salah satu moment yang tepat untuk dapat sekaligus mengajarkan tentang kewajiban umat islam di setiap tahunnya ini pada anak-anak mereka.  Sebagai ibu rumah tangga, tentunya memegang peranan penting dalam mengoptimalkan suksesnya keluarga saat Ramadhan. Karena itu biasanya ibu-ibulah yang paling heboh saat ramadhan. Mulai dari menyiapkan anak-anak berpuasa, menyiapkan makan, pakaian dan lain sebagainya. Belajar dari ramadhan-ramadhan yang lalu agar tidak terlalu kerepotan saat bulan puasa nanti.  Berikut adalah hal-hal yang biasa dilakukan menjelang bulan Ramadhan :

  1. Sosialisasi pada anak.

Ini dimaksudkan agar anak mulai bersedia menyambut bulan suci ini dengan mulai membuka atau menambah wawasan dan persepsi anak tentang bulan ramadhan dan keutamaan ibadah-ibadah di dalamnya. Ajak anak-anak membaca buku-buku yang berkaitan dengan bulan puasa ini.

  1. Menyusun agenda bersama keluarga

Mulailah melalui cerita-cerita menjelang tidur atau disaat senggang. Minta anak bercerita tentang kenangan mereka di bulan puasa yang lalu. Tentang harapan-harapannya (target ibadah) yang tercapai dan yang gagal terlaksana. Begitu juga dengan target ibadah yang akan dicapai pada bulan puasa mendatang. Misalnya berapa kali khatam Qur’an, sholat taraweh, dan lain-lain. Tulis dan buat agenda khusus untuk ini.

  1. Persiapan fisik

Ibaratnya ingin menyambut tamu yang sangat istimewa, seisi rumah haruslah dalam keadaan yang juga istimewa. Mintalah ke seluruh keluarga untuk memperhatikan kesihatan mereka dengan salah satunya lebih banyak mengkomsumsi makanan sehat dan bergizi. Mulailah melatih anak-anak berpuasa dengan berpuasa sunnah. Tingkatkan jadwal tadarrus Al-Qur’an dan biasakan anak bangun lebih awal (sejam atau setengah jam sebelum shubuh) dengan mengajaknya sholat lail bersama. Agar semua rencana yang diinginkan tercapai secara optimal, mintalah seluruh keluarga agar memperhatikan persiapan fisik ini dengan baik.

  1. Persiapan harta

Mulailah dari sekarang menghitung zakat mal keluarga anda dan sebisa mungkin membayarnya pada awal ramadhan. Jangan tunggu sehingga penghujung ramadhan seperti kebanyakan orang sehingga lebih tenang. Jika ada rencana mengadakan buka puasa bersama dengan mengundang tetangga dan kawan, mulailah persiapkan agenda dan bajed untuk ini. Ajar anak-anak untuk mulai menabung dari sekarang untuk rencana bersedekah pada bulan ramadhan nanti.

  1. Persiapan menu selama bulan puasa hingga lebaran

Bersama anak mulailah menyusun jadwal menu sepanjang bulan suci ramadhan berikut resep dan cara penyediaannya. Bahan-bahan yang tahan lama bolehlah disiapkan dari sekarang. Jika ada rencana mau membuat kue-kue lebaran sendiri rancang dari sekarang bagaimana cara mengatur waktunya sehingga tidak terlalu menyita waktu ibadah kita.